About Jogjakarta

September 23rd 2013

 

Yogyakarta didirikan pada 1755 dan merupakan ibukota kerajaan Mataram ketika Belanda datang. Belanda menetapkan raja dengan gelar Sultan wilayah Yogyakarta. Yogyakarta juga menjadi tempat perlawanann paling sukses di Indonesia melawan Belanda - diawali dengan Pangeran Diponegoro yang mengobarkan perang suci melawan kekuasaan kolonial 1825-1830, dan juga menjabat sebagai ibukota republik yang baru merdeka setelah Perang Dunia II ketika Belanda menduduki kembali Batavia (Jakarta). Orang-orang telah tinggal di Jawa Tengah dan wilayah Yogyakarta sejak jaman dahulu seperti selama berabad-abad karena suburnya tanah akibat letusan gunung berapi. Sejarah mencatat, kependudukan dimulai sejak abad ke-9 didominasi oleh kerajaan Hindu dan Budha yang memunculkan candi megah seperti Candi Prambanan, Ratu Boko, Candi Kalasan, Candi Sambisari dan Candi Borobudur. Yogyakarta sendiri berdiri pada abad ke-18. Pada awal abad ke-18, Paku Buwono II memerintah Kerajaan Mataram Islam. Setelah ia meninggal, ada konflik antara anaknya dan saudaranya, yang didorong oleh Belanda yang mencoba menjajah dengan cara memecah belah.

Kerajaan ini dibagi menjadi dua wilayah yaitu Kerajaan Surakarta Hadiningrat di bawah pemerintahan Sunan Pakubuwono III, dan Nyayogyakarta Hadiningrat kerajaan di bawah pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Dia adalah pendiri dari silsilah Sultan yang masih tinggal di Kraton dan berperan penting dalam budaya Jawa. Kerajaan kedua kemudian disebut Yogyakarta, yang sekarang lebih dikenal sebagai Yogyakarta.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamasikan, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan bahwa Kasultanan dan Kadipaten (dua wilayah kerajaan), milik Republik Indonesia sebagai bagian dari seluruh wilayah Republik Indonesia . Sejak itu, telah dikenal sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta dan diberi status provinsi pada tahun 1950 sebagai pengakuan atas peran penting di dalamnya berjuang untuk kemerdekaan.

 

 

Anda Pengunjung Ke:

161134
Temukan kami di Facebook Temukan kami di Twitter Temukan kami di Foursquare Temukan kami di Linkedin Temukan kami di Flickr Temukan kami di YM