Culinary

September 23rd 2013

 Gudeg

Masakan khas tradisional jogjakarta Gudeg jogja expo centerGudeg adalah makanan tradisional dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka hijau sebagai bahan utama, dimasak bersama dengan beberapa bahan dan rempah-rempah lainnya. Dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk membuat gudeg yang sempurna. Masakan ini sangat familiar bagi orang-orang Jogja. Ada dua jenis gudeg gudeg yaitu gudeg basah dan kering (gudeg kendil).

Gudeg basah memiliki kaldu abu-abu dengan rasa yang kuat dari santan gurih. Gudeg kering tampak kecoklatan dan rasanya manis. Gudeg disajikan dengan beberapa lauk seperti telur rebus, daging ayam,tahu dan tempe bacem. krecek manis pedas.

 

Geplak

Geplak merupakan makanan khas bantul di lokasi jogja expo center

Geplak adalah salah satu camilan yang menegaskan Yogyakarta sebagai kota yang populer dengan makanan manis. Geplak merupakan kuliner khas Bantul. Bantul bahkan dirujuk sebagai kota geplak. Di masa lalu geplak dikonsumsi sebagai makanan pokok bagi sebagai pengganti nasi pada saat sulit. Saat ini geplak lebih sebagai camilan oleh-oleh keluarga ketika mengunjungi Yogyakarta. Geplak terbuat dari kelapa, gula dan tepung beras atau tepung beras ketan, daun pandan, gula tebu atau gula merah, air dan garam. Geplak merupakan campuran rasa manis gurih atau mungkin terlalu manis bagi sebagian orang yang tidak terbiasa. Namun justru hal tersebut yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

 

 

Anda Pengunjung Ke:

166681
Temukan kami di Facebook Temukan kami di Twitter Temukan kami di Foursquare Temukan kami di Linkedin Temukan kami di Flickr Temukan kami di YM